Header Ads

Keadaan Sungai Palu Yang Sangat Jorok !

Sungai Palu adalah sungai yang membelah kota Palu. Sungai ini melewati 4 jembatan yang ada dikota palu dan bermuara di 2 kabupaten/kota antara Kota Palu dan Kabupaten Parigi Moutong, dan bermuara di Teluk Palu. Sungai ini memiliki panjang 20 km.

Hari Air Dunia yang diperingati setiap 22 Maret setiap tahunnya merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya air tawar dan pengelolaannya. Dan pada hari minggu 26 maret 2017, Balai Wilayah Sungai Sulawesi II mengadakan kampanye publik Hari Air Dunia dengan tema Air dan Air Limbah. Pada acara tersebut BWS Sulawasi III mengadakan kegiatan seperti Lomba Fotografi untuk diikuti kalangan mahasiswa se Universitas di kota palu, Lomba Menggambar dan Mewarnai diikuti khusus anak-anak yang berusia 6-12 tahun serta kegiatan lainnya yang bertemakan Air dan Air Limbah.

Pada PERATURAN MENTERI PEKERJAAN UMUM, NOMOR : 20/PRT/M/2016,TENTANG ORGANISASI DAN TATA KERJA UNIT PELAKSANA TEKNIS KEMENTERIAN PEKERJAAN UMUM.
Pada Pasal 63 tertulis
Balai Wilayah Sungai mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan sumber daya air di wilayah sungai yang meliputi perencanaan, pelaksanaan konstruksi, operasi dan pemeliharaan dalam rangka konservasi dan pendayagunaan sumber daya air dan pengendalian daya rusak air pada sungai, pantai, bendungan, danau, situ, embung, dan tampungan air lainnya, irigasi, rawa, tambak, air tanah, dan air baku serta pengelolaan drainase utama perkotaan.

Tapi, inilah tampak sungai palu yang saya ambil gambarnya disekitaran jembatan 4. Kita tau ini sepenuhnya bukanlah salah dari pemerintah melainkan ini juga kesalahan dari masyarakat yang kurang peduli akan lingkungan. Tapi....Apakah tugas dari BWSS-III ini ? Mengawasi ? Memelihara ? atau Hanya Kampanye tentang Peduli Lingkungan ? Padahal Sungai ini Bermuara ke Teluk Palu, dan Teluk Palu merupakan salah satu tempat wisata Masyarakat karena jaraknya yang lumayan dekat dari kota.

Saya Berharap Pemerintah lebih memperhatikan keadaan Sungai yang ada dan Masyarakat sadar akan kebersihan lingkungan sehingga kita tidak meninggalkan yang buruk untuk generasi yang akan datang.

No comments